CHITTY CHAT ABOUT MENSTRUAL DEVICE - PART 1 [MENSTRUAL CUP]

Yorobuunn saranghae, siapa yang sejak musim corona ini drakoran juga makin rajin πŸ˜…. SAYAH.

Udah lama banget ga update blog, etapi gw bukan lagi pengen bahas drakor, tapi lagi pengen bahas peralatan perang yang udah pernah gw cobain pas hari-H aka hari Haid menyerang. Yuhu.

pic source


Menstrual Cup.

Buat yang tiap bulan kerjaannya marah apalagi karena gatal dan iritasi, ini salah satu solusi sih. Udah pernah denger soal menstrual cup belum yorobun? Kayanya pasti udah banyak ya secara beberapa tahun belakangan ini kayanya iklan soal menstrual cup lumayan gencar dimana-mana. Azek.

Ini salah satu life changing experience sih buat gw, dimana dulu sebelum pake MC tiap bulan pasti sebel, kalo ga gatel ya iritasi dan ga enak walau udah sering ganti tiap 3-4jam sekali, minimal pasti malem-malem ga nyenyak tidur karena gelisah ngerasa gatel. Ada yang gini juga ga sih? Kaya hampir produk2 pembalut supermarket udah gw coba dan ujung2nya sama. Nangis.

Selama pake menstrual cup ini gw bebas gatel karena otomatis ga lembab, bebas iritasi juga dari gesekan pembalut karena ga dipake selama 24 jam kan, berasa ga pake apa-apa enak deh. Cuma harus dikosongin 3-4 jam sekali aja pas lagi hari-hari heavy flow, gw biasanya hari ketiga keempat tu pas lagi banjir bandang, sisanya 6jam sekali masih ok no tembus. Asal penempatannya bener no bochor bochor deh. Mantapu.

Seinget gw sik gw pake MC udah dari tahun lalu, udah 6 bulan-an lebih sih kayanya. Gw beli MC dari brand Organicup dengan pertimbangan awal karena dia no color, warnanya transparan-ga-bening warna plastik silikon aja gitu, dan silikonnya medical grade, which is gw gatau sih ngaruh atau ga tp harusnya ya lebih aman ya daripada pake MC yg dari plastik-plastik ku tak tau apa.

Dulu pilih MC yg ga ada warnanya karena pernah baca lupa dimana kl lebih aman. Tapi ya banyak MC warna warni dan aman-aman aja ko terus jadi gemes aja liatnya, terus jadi pengen punya *yha impulsip


Harganya?

Gw beli sekitar 350ribu kalau ga salah inget nanti gw cari ya bukti pembeliannya kalo ga mager.

Btw karena harga pertama di awal itu agak mahal ini jadi salah satu kekurangannya sih, ibaratnya jadi kudu ngeluarin 'modal' agak gede kan di awal, kayanya ada yg sampe 700-1000k-an deh harganya ya mayan juga kan mikirnya jadi panjang dibanding beli pembalut sekali pakek. Gw beli organicup yha karena lumayan tergolong murah juga di kelasnya buat coba-coba okelahsip.

Untuk long term jelas hemat, kan ya ndak beli lagi toh sampe menopause, kecuali anda gatel mau beli jenis yang lain pengen koleksi aja gitu, yaudah. Gajadi hemat tp senang. Gapapa. Sebagai sesama sobat impulsip saya paham.

update: harganya 399.900 ya di shopeenya sustaination kayanya kmaren gw belinya pake potong koin shopee jd nya dpt harga 350an deh. Mayan lah bisa buat jajan cireng kembaliannya 😌


Ngomong-ngomong soal warna..

Gw salah satu yg kalau mau pake MC harus gw rebus dulu, jadi before and after the period itu gw rebus dulu. Gw baca-baca sih harusnya ga perlu gitu deh gapapa. Cukup di awal banget pemakaian aja. Tapi gw khawatir karena kan ya masuk ke badan ya itungannya, kl ga bener-bener steril ya parno akutu. Nah kayanya karena keseringan gw rebus lama-lama dia berubah slightly kecoklatan, masih samar bgt sih warnanya tp dibanding dulu waktu pertama beli ya lebih butek. Kan jd pengen beli yang warna-warni. YAHAHAAHAH


Keras ga sih menstrual cup itu?

Organicup ini tuh termasuk yang cupnya firm gitu, jd lumayan cocok buat pemula. Karena resiko bocornya harusnya lebih sedikit karena firm itu tadi kan, ya dia jadinya suctionnya makgreng di dalem (tenang ga berasa apa2 ko di dalem selama masangnya bener sih, ajib bukan). Ada brand lain yang lebih soft cup nya, cocok juga sih buat pemula (semua aja cocok buat pemula kl gitu hakdes) asumsinya kalau lebih soft pas belajar keluar masuknya jadi ga begitu susah kan less-horor. Ku tydac punya yang lain jadi tydac bisa membandingkan hahah. Tp seinget gw brand lain yg lebih soft ini lebih mahal dari organicup sih tp gw lupa nama dan harganya dan sedang males gugling, plusnya warna-warna sama bentukannya lucu lucu kan jiwa impulsip ini kembali memberontak.

Yha ok balik lagi ke organicup, karena dia firm itu suatu ketika pas gw lagi lepas pasang di tengah hari gw agak kasar mainnya karena buru-buru (((((main))))) -lepas pasang masuknya, red-  jadilah kemudian mrs.v nya jadi agak lecet, bukan agak lagi deh yha lumayan lecet, fyi lepas MC tuh harus penuh kesabaran dan kasih sayang, gabisa akutu dikasarin, jadinya lumayan perih sampe semingguan kemudian. Habis dari situ gw ga pake lagi, yha cemen 


Terus gimana dong, apakah amuh akan coba lagi pake MC di kemudian hari?

Yha mungkin aja, mungkin banget, entah pake organicup lg atau cari brand lain yg lebih soft cupnya. Tapi untuk sekarang-sekarang ini kayanya belom dulu. Libur dulu anaknya cemen (2) hahahaahh.


Kesimpulannya.

Pake MC ni enak sih bebas bgt gitu kek free willy. Yha. Ikan paus.

Mengingat 'kepraktisan'nya gw ga nyesel sih coba pake MC, soal nyamannya ga usah ditanya lagi, ga usah bolak balik ganti, gw pernah pake 8 jam (ga pas banjir bandang ya ini) kondisi lagi kerja dan ga sempet kosong-kosongin MC dan nyaman aja kaya ga pake apa-apa seharian, ga brasa ada yg keluar-keluar sepanjang hari. Approved deh.

Ya intinya kl jiwanya adventurer boleh lah dicoba, dengan catatan ya lepas pasang nya jangan lupa harus penuh kesabaran dan kasih sayang ya. Tho I have to admit MC ini not for everyone sih, kl masih ga berani takut ini itu ini itu banyak pertimbangan yha gapapa bgt, wajar. Ga masalah ga usah berantem ya. Kl mau pake ya pake, ga ya ga. Tenang semua harap tenang ini ujian.


Terus gw pake apa dong sekarang ini?

Lagi coba yang lain sih, ada skitar tiga item yang lg rencana gw cobain. Next post deh kl udah selesai eksperimen dan ga mager yahahhahahh.



12 Comments

  1. belum pernah pake menstrual cup nih, penasaran sama bentuknya, rasanya pas dipakai, tapi takut XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang uji nyali pake menstrual cup tuh :D

      Delete
  2. ngebayangin lepas pasangnya sih yg takut. takut ga telaten.. tapi kayaknya lebih praktis ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya praktis sih pas awal2 aja emang agak pr hihi

      Delete
  3. Udah sering banget baca tentang MC, dulu aku pgn bgt nyobain ini, walopun takut2 gimana gitu, pas udah bulat hati mau coba, aku hamil, skrg udh lahiran, udah teratur mens lagi tp skrg bener2 ga brani pake MC, after lahiran jd byk parnonya apalagi kalau urusannya sm miss v hahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mba hahhahah aku juga baru brani pake pas udah 3tahunan dari lahiran XD

      Delete
  4. Saya udah sering banget nih kegoda mau beli, tapi seperti biasa, kecemenan saya belom berhasil saya taklukan.
    Alhasil, cuman mupeng aja setiap kali baca ginian.

    Entahlah, bahkan saya mau KB aja selalu nggak berani, meski jadinya was-was takut kebobolan, terlebih masukin benda gini di dalam hahaha.

    350 lumayan sih ya, btw ini nggak ada batas pemakaiannya kan? misal berapa tahun kudu ganti?
    Kan plastik gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. KB spiral emang agak horor juga ya mba haha, iya harganya 399 d sopi potong voucher jd 350an heheheh, keterangannya sih bisa dipake tahunan asal plastik silikonnya ga berubah lengket atau robek :D

      Delete
  5. aku kok takut sih , lihatnya, kebayang waktu pasang spiral saja sdh mengerikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, mesntrual cup emang cukup mengintimidasi >.<

      Delete
  6. Saya baca ini kok sambil ngilu ya mba ikut ngebayangin pas mba bilang lecet itu😭 Sebenernya udh denger soal MC ini, cuma berhubung harganya yg nggak affordable buat mahasiswi seperti saya, ditambah ketakutan yg menguasai *jiahh* jadinya belum berani pake. Mungkin nanti setelah punya uang sendiri dan setelah menikah someday mau coba huhu. Anyways makasih udh sharing mba, berguna banget buat tambahan referensi saya😁. Salam kenal ya mbaaπŸ‘‹πŸ»

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahhahah salam kenal juga, iya kl mau yg agak soft emang lebih mahal lagii huhu ada harga ada barang ya hihi

      iyaa emang agak emosi sih waktu lecet, pas pasangnya kayanya terlalu semangat >.<

      Delete