When PMS Attack as an INFJ

Pernah ga sih rasanya mau marah-marah melulu, anak lagi mencobai, abis liat-liat instagam terus auto-insiyur, eh insecure, hal-hal kecil suka bawaannya bikin marah aja, taunya tanggal nya udah mau deket, oh pantes, PMS!

Source here


As an INFJ my self ada masa-masa menarik diri, masa-masa males bersosialisasi, ditambah lagi kl pas PMS attack, kaya lowkey everything is wrong, but tbh I'm not really sure sih itu karena INFJ atau ya karena lagi PMS aja.

Btw kl bingung gw ngomongin apa sih INFJ INFJ, coba test dulu nih ya namanya 16personalities, jadi dia divided people within this 16 personalities, ya menarik sih kl mau explore tentang diri sendiri atau cuman penasaran aja kita masuknya di yg mana.
 
Have you taken this personalities test yet? click here kl yang belum, yang udah kamu masuk personalities yg mana?

Kl berdasarkan test ini sih gw INFJ-T, means I'm an introvert, dulu gw pernah ambil tes ini juga iseng-iseng beberapa tahun yg lalu dan hasilnya kurang lebih sama, cuma beda di persentase introvert vs ekstrovertnya, sama dulu tuh gw INFP kl ga salah inget (si males tracking back).

Ohiya personalities alias kepribadian ini bisa banget berubah ya, tapi ga disaranin untuk tes berkali-kali dalam kurun waktu 6 bulan terakhir, jd kl udah 6 bulan baru bisa coba isi tes nya lagi, ya gw sih jelas mager, paling kl lagi niat ya tahun depan kali ya gw coba test lagi-nya. Yang jelas sih gw lagi merasa si INFJ-T ini sesuai sama diri gw for now.

Fun fact; dulu pas pertama ambil test ini, introvert sama ekstrovert gw hampir seimbang cuma beda berapa persen gitu, pernah anggep diri gw ambivert for the last years (introvert iya ekstrovert iya like almost 50:50 gitu in way), tp semenjak musim pandemi ini tingkat introvert gw naik (dari hasil tes ini) jadi 60%-an and it kinda right I would say. Well I guess this pandemi is really affect everyone in every aspects in life in some way.

Gw juga ga merasa test ini bener-bener 100% identified ourself ko, cuman jd kaya ada gambaran aja, sama ada beberapa explanation yang kl gw baca tuh yang "oh iyaya" "ohiya bener" "ihh ko bener" seperti itu, jadi take it for fun aja ya! Why so serious lol.

I think my self more like an social-introverted (?) cause I like hanging around within people too, tapi ya emang ada masanya males aja gitu sosialisasi, kaya berasa overlimit, but yeah ga yakin apa gara-gara INFJ nya apa gara-gara PMS aja ya, ada yang ngerasa gitu juga ga sih?

Anywaaaaay, kl pas lg merasa didn't feel like to communicate with others, easily iritate, pokoknya kaya lg insinyur campur marah, tapi gatau marah sama siapa, biasanya ini sih yg kulakuin:

1. Stepping back from social media.
Ya ini agak susah sih, not like cutting down 100% tapi kaya cuman nengok yang perlu-perlu aja, ini berguna sih buat kewarasan kl ngerasa bikin tambah insinyur mendingan pause dulu dr socmed. Ku pribadi sih gabisa lama lama lol. paling kl udah ngerasa baikan ya balik lagi ke dunia maya. Apalagi hiburan kita di musim pandemi kaya gini kan ya ini doang. Nangis.

2. Not replying to almost all of my incoming chat.
Well, bales yg perlu aja, tp ga yang create conversation, buat yg suka chitty chatty agak susah kayanya ya, but it works for me tho, tp ya itu pas hari dimana males bgt balesin chat aja, brarti gw lagi merasa overlimit, or overthingking haha, but again ga bisa lama-lama juga lol, I need to talk to some hooman too, kl ga ya bisa gila. Btw ga balesin chat, tp make sure kl yg penting gw bales sih walau dikit-dikit.

3. Mewarnai
Iya, mewarnai, gw suka mewarnai dari kecil, dan kayanya ga move-move on. Tapi ga suka yg colouring for adult itu yg ribet banget malah bikin pusing, gw sukanya mewarnai yg cute-cute, iya lol buku mewarnai anak-anak kayanya 60% nya gw yang warnain. Liat yang cute tuh spark joy sih kaya gemush bgt uwu gitu. Tp tiap orang beda-beda ya, kl ga suka mewarnai gapapa ga usah di paksa, cari kegiatan lain yang makes you forget your phone, kaya cuman sejam-dua jam tp lumayan bgt untuk clear your mind for a while.

4. Menggunting
Another crafty stuff going on here, abis di warnain terus digunting atau gunting-gunting yang lain, buat gw sih somehow gunting-gunting itu relaxing lol, mungkin sambil gunting sambil konsentrasi dan sadar ga sadar it cutting through my ribet-mind in a way? lol (pengulangan kata lol, lol).

5. Self-talk
Alias ngomong sendiri, iya ngomong sendiri, ngedumel sendiri, baik liat kaca atau ga liat kaca, atau rekam di ig terus ga di post, atau rekam suara sendiri sambil curhat terus dengerin lagi terus geli sendiri terus di apus, lumayan buat ngeluarin isi hati tapi lagi gamau ngomong sama orang beneran. You always got your own back. 

6. Write it down
Bisa di diary, atau blog? kaya postingan ini? lol, ga ada yang baca gapapa, asal itu dia kuncinya, di keluarin isi hatinya atau bikin seibuk diri sendiri, baik mau di post atau ga bebbbaass, orang galau bebas shaayy daripada gila sendiri kan mending yaudah write it dowwn bebb.

Apalagi ya, ada lagi sih yang lumayan bikin hati ga rungsing lagi, kaya meronce, bikin gelang kalung dari manik-manik, tapi kl bahannya abis gw jd balik kzl sendiri lagi, males belinya lol. Yaudah ga gw masukin list, buat fyi aja lol.

Intinya sih cari kegiatan yang take your mind, yang bikin sibuk for a while, it helps me sih lumayan, walau kl udah kelar suka balik uring-uringan lagi. Isoke yang penting dicoba kan drpd ga waras.

Gw ga masukin nonton film/series karena kl lagi uring-uringan gitu malah ga konsen nontonnya, mata nonton tapi hati jiwa dan raga melanglang buana sibuk overthingking, jadi ga meresapi gitu kan kurang experiencenya jadinya. No no no, sayang oppa nya kl untuk selewat-selewat doang lol.

Itu aja dulu deh pemirsa sekian, kl hari-hari itu udah ga menghinggapi lagi sih gw balik chat chat lg, gangguin orang dengan chat gw lebih tepatnya ya hahaha. Ya abis gimana dong, keluar rumah takut, kl dulu bisa ke mol, sekarang ya hellow atut beb. Yaudah ya nikmatin aja jalanin aja. These too shall pass rite.

..

ps. denger musik kadang-kadang membantu juga membangun mood, gw biasanya setel (setel bgt bahasanya) playlist chill gw di blog ini. scroll down to play!

7 Comments

  1. Aku juga kalo mau mens tuh asliii suka bingung sendiri kenapa emosi bisa naik turun secepat itu xD Tapi kayak udah hapal aja, kalo mulai kayak gitu pasti bentar lagi mens. Eh bener wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bangeeetttt, emosi naik turun gajelas, sbntar marah sbntar sedih taunya udah mau mens ajaa

      Delete
  2. Saya banget ini, meskipun saya selalu melawan, nggak mau kalah sama mood yang lagi down, tapi ujung-ujungnya tetap aja kalah hehehe.

    Dan sebagai mamak-mamak agak sulit nih, karena nggak bisa kabur, selalu bareng anak.
    biasanya saya melakukan hal-hal yang saya sukai, makan cokelat, minum es cokelat, nonton film, nulis.

    Lumayan bikin adem sih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahiya makan cokelat lumayan ya bikin adeemm

      Delete
  3. aku INFJ nih dan kalo lagi pms juga jadi aneh banget rasanya...

    ReplyDelete