The Alternative for Hydroquinone. Alpha Arbutin 2% + HA; The Ordinary. Really?



Yang udah pernah k dokter atau klinik kecantikan pasti familiar sama hydroquinone, powerfull yet so 'risky' skin bleaching agent. Biasanya dicampur sama tretinoin (untuk treat jrawat) plus steroid untuk redam inflamasinya (dimana not good ya untuk longterm krn efek reboundnya sungguh sangat terkenal sekali).

(Not here to talk about the after effect of hq and steroid you can always google it, it's everywhere.)

Anyway, buat yg udah lelah sama harganya klinik kecantikan trus mau beralih ke skincare otc (over the counter) alias yg bisa gampang dibeli di toko2 atau olshop kesayangan anda trus gugling2 alternatifnya pasti familiar sama salah satu ingredient ini : arbutin.

Arbutin di pasaran itu setau gw ada 2jenis, alpha arbutin dan beta arbutin. Yg lebih bagus sih katanya si alpha arbutin ini karena ya molekulnya yg lebih kecil atau gmn gt sehingga lebih bekerja ke dalam dan lebih bekerja dari si versi beta, btw kl cuma d tulis arbutin aja ini artinya ini beta arbutin ya.

Disebut2 sebagai alternatif aman dari hidroquinone karena cara kerjanya yg 'hampir' sama dgn si hq ini. Yaitu dengan mencegah enzim tyrosinase membentuk melanin (pigmen kulit) ke permukaan sehingga wajah jd lebih cring cring dgn minimum bahkan no efek samping like hydroquinone does.

Nah, salah satu skincare affordable yg mengusung alpha arbutin jd bahan utamanya itu adalah the ordinary.

Nah gw cobain kan ni, ngarep.
Sengaruh itu ga? Apa bener si alpha arbutin ini bisa memberikan hasil kaya pake hq but in a safer way?




Well, setelah sebulan pemakaian. Here's my though.

Unfortunately I have to disagree about the claim. Menurut gw si alpha arbutin ini ga seampuh hq untuk memutihkan kulit in term of powerfulness nya ya. Hq bisa bekerja dgn sangat cepat membuat kulitlo cerah bahkan dalam waktu beberapa minggu pemakaian aja. 

Kl alpha arbutin ini, ga.

Mungkin dia bekerja dgn cara yg sama seperti hq tp menurut gw cara kerjanya lambat bgt dan ga powerfull sama sekali untill I have to say that I don't see any improvement in my skin so far. Bit bitter huh. Sad.

Keep in mind ya kl hq itu tidak direkomendasikan jangka panjang dan tanpa pengawasan dokter. Jd hati-hati.
Alpha arbutin ttp jd alternatif sih, paling ga kulit gw progressnya ga menurun. Tp ya itu aja udah. Ga menurun ._.

As long as I really want it to work, it didn't gave any satisfaction result so far.

Maybe I just need to give it a try for the next 3 months sambil minum yakult sama babang kavinsky.




I'll update later. Maybe.


0 Comments