The SPF Thrilled; Here's the Drill


By now I'm pretty sure that almost alot of you guys must've been heard about sun protector/sun shield/sunscreen/sunblock.

First of all, lo pasti udah pada tau kan soal SPF, atau malah udah bosen dengernya? Actually, me too πŸ˜‚

Tau juga kan kl SPF itu stands for Sun Protection Factor, singkatnya, contoh; spf 30 means sunscreen ini melindungi kulit lo 30x lebih kuat dari efek buruk sinar matahari vs lo yang kluar ruangan ga pake sunscreen sama sekali, tanpa merujuk kepada waktu.

Hmmm, kenapa ga merujuk pada waktu? Well, intensitas cahaya matahari atau biasa disebut UV index berbeda-beda di setiap waktunya, UV index pada pagi hari biasanya lebih rendah dibanding dengan UV index pada siang hari bolong. Ketika jam menunjukan pukul 12-1 siang misalnya UV indexnya biasanya menunjukan angka 11 (ekstrim). That's why ga dianjurkan sama sekali untuk keluar ruangan pada jam-jam tsb tanpa perlindungan dari sinar matahari.

But here it is, spf itu hanya mengukur seberapa kuat kulit lo terlindungi dari intensitas efek buruk UVB, inget ya hanya UVB.

Nah, people nowadays terlalu sibuk merhatiin berapa spf yg harus mereka pake, but hey! they forget about the UVA. Including meπŸ˜‚.

Padahal justru UVA itu yang berbahaya, it can cause you early aging sign, hyperpigmention, wrinkles, fine lines, age spot, dark spot, and even skin cancer.

UVA has a wavelength longer than UVB, UVA bisa menembus melewati awan, dan bahkan jendela rumah (itu makanya knapa lo harus ttp pake sunscreen even itu mendung atau cuma beraktivitas di dalam rumah seharian).

Unlike UVB, UVA itu unmeasurable, artinya ga kaya UVB yg kita bisa tau pasti kapan kulit kita terbakar dan merah2, UVA ga langsung membuat lo jd kena dark spot atau wrinkles, it takes time. Pelan tp pasti. Makanya penting cari sunscreen yg tertulis PA+ selain SPF di kemasannya. Semakin panjang tanda + dibelakang PA itu berarti semakin kuat juga protection si sunscreen itu terhadap UVA (ex; spf30 PA+++)

Atau, pilih sunscreen yg tertulis broad spectrum/full spectrum. Biasanya sih ini ada di mineral/physical sunscreen dan tentu saja sunscreen jenis ini melindungi kita dari UVA dan UVB.

So, remember guys, choose sunscreen with spf, PA, and/or broad spectrum in it. Then you good to go!



Udah kepanjangan ya, pantesan, lelah akutu πŸ˜‚.

Lanjut part 2 aja ya about how to choose a good sunscreen and why.

Kl ga males πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

0 Comments